TRY OUT UJIAN NASIONAL ( UN ) SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
LEMBAR SOAL
Mata pelajaran :
BAHASA INDONESIA
Hari /Tanggal :
Waktu : 08.00 – 10.00
WIB
PETUNJUK UMUM :
1. Isikan identitas Anda kedalam
Lembar Jawab Ujian Nasional ( LJUN ) yang tersedia dengan menggunakan pensil
2B, sesuai petujuk di Lembar Jawab Ujian Nasional ( LJUN ).
2. Berilah tanda silang di depan
nama mata ujian dan pilihan jawaban A,B,C, atau D yang Anda anggab benar pada
LJUN.
3. Periksa dan bacalah soal-soal
sebelum Anda menjawabnya, pastikan setiap lembar soal memiliki nomor paket yang
sama dengan nomor paket yng tertera pada cover
4. Laporkan kepada pengawas ujian
apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
5. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan
paket tes tersebut
6. Jumlah soal sebanyak 50 butir,
pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban.
7. Tidak diijinkan menggunakan
kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung lainnya.
8. Periksa pekerjaan kalian sebelum
diserahkan kepada pengawas ujian.
9. Lembar soal tidak boleh
dicoret-coret untuk mengerjakan hitungan.
SELAMAT MENGERJAKAN
Teks
bacaan berikut untuk soal nomor 1 – 4
Indonesia merupakan
negara agraris yang memiliki kekayaan jenis tanaman yang beranekaragam. Salah
satunya yaitu tanaman singkong. Umbi yang dihasilkan oleh tanaman ini merupakan
salah satu bahan makanan pokok. Singkong di negara kita dihasilkan dengan
jumlah yang melimpah. Sayangnya, singkong tidak tahan lama. Singkong harus
diolah menjadi bahan makanan atau bahan baku lainyang lebih tahan lama. Bahan
baku olahan singkong, antara lain gaplek, tepung tapioka, ataupun tepung
kasava. Bahan-bahan baku tersebut dapat diolah lebih lanjut menjadi produk
makanan. Namun, ada yang beranggapan bahwa makanan yang terbuat dari singkong
merupakan makanan masyarakat perdesaan.
Berbagai jenis olahan
dari singkong dijual di pasar-pasar tradisional. Makanan yang dijual tersebut
ada yang tidak tahan lama walaupun ada juga makanan yang tahan lama. Makanan
yang tidak tahan lama misalnya getuk, gatot, dan tiwul. Sementara itu, keripik
singkong dan cake tapai merupakan jenis olahan yang tahan lama.
Sumber : Rohana Kusumawati, , maraga beorneo Tarigas, 2001
1.
|
Bagian
apakah dari tanaman singkong yang merupakan bahan makanan pokok?
Bagian
tanaman singkong yang merupakan bahan makanan pokok adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Daun
|
|
|
|
B.
|
Batang
|
|
|
C.
|
Akar
|
|
|
|
D.
|
Umbi
|
2.
|
Manakah
kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam bacaan ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Mengapa
masyarakat Indonesia menanam singkong?
|
|
|
|
B.
|
Mengapa
singkong harus diolah menjadi makanan?
|
|
|
C.
|
Mengapa
makanan dari singkong dianggap sebagai makanan pedesaan?
|
|
|
|
D.
|
Mengapa
keripik singkong dikatakan sebagai makanan yang tahan lama?
|
3.
|
Ide
pokok paragraf kedua adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Berbagai
jenis olahan dari isngkong dijual dipasar-pasar tradisional
|
|
|
|
B.
|
Makanan
yang dijual tersbut ada yang tidak tahan lama walaupun ada juga yang tahan
lama
|
|
|
C.
|
Makanan
yang tidak tahan lama misalnya, getuk, gatot, tiwul.
|
|
|
|
D.
|
Sementara
itu, keripik isngkong dan cake tapai merupakan jenis olahan yang tahan lama.
|
4.
|
Kalimat
yang sesuai dengan paragraf pertama bacaan “singkong” adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Sebagai
negara agraris Indonesia memiliki berbagai tanaman bahan makanan pokok.
|
|
|
|
B.
|
Singkong
merupakan hasil utama pertanian di Indonesia.
|
|
|
C.
|
Singkong
dapat diolah menjadi beragam makanan .
|
|
|
|
D.
|
Tepung
terigu merupakan salah satu bahan makanan berasal dari isngkong.
|
Perhatikan
petunjuk penggunaan obat berikut !
Stop Diare
Petunjuk Pemakaian :
Makan dahulu sebelum minum obat ini.
Anak usia 6-9 tahun : ¼ kaplet 3x
Anak usia 10-12 tahun : ½ kaplet 3x
Anak usia di atas 12 tahun dan dewasa : 1 kaplet 3x
Atau menurut petunjuk dokter
|
5.
|
Fahri
menderita diare akut. Ibunya, menyarankan Fahri, anaknya yang berumur 13
tahun untuk minum obat. Fahri ingin segera sembuh. Aturan penggunaan obat
yang sesuai dengan keadaan Fahri adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Sehari
minum dua kaplet
|
|
|
|
B.
|
Sehari
minum dua kaplet @ dua kaplet
|
|
|
C.
|
Sehari
tiga kali @ 1 kaplet
|
|
|
|
D.
|
Sehari
dua kali @ dua kaplet dengan selang satu jam
|
6.
|
Bacalah
petunjuk berikut !
Menggunakan
Blender untuk membuat jus
1.
Masukan buah, air, dan gula
2.
Colokkan steker ke stopkontak
3.
Tekan tombol on, biarkan sampai buah hancur
dan tercampur bahan lain
4.
Tutup gelas Blender
5.
Tekan tombol off untuk mematikan Blender
Urutan
yang tepat penggunaan Blender adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
1)-3)-2)-4)-5)
|
|
|
|
B.
|
2)-1)-4)-3)-5)
|
|
|
C.
|
3)-2)-1)-4)-5)
|
|
|
|
D.
|
4)-1)-3)-2)-5)
|
7.
|
Aku sangat
suka membaca majalah Bobo. Menurutku majalah Bobo adalah
majalah yang paling bagus. Aku sudah membaca majalah Bobo sejak umur 3
tahun sampai sekarang usiaku 9 tahun. Karena majalah Bobo, aku jadi
bisa cepat membaca. Kira-kira sejak duduk di bangku TK, aku mulai membaca.
Sering sekali aku membaca majalah Bobo di rumah untuk melatih
kemampuan membacaku. Walaupun sering membaca majalah Bobo, harganya
cukup mahal, apalagi kalau ada bonus kaset yang harganya Rp. 15.000,00. Sedih
nggak bisa beli ! nah, itu saja kesan-kesan dariku. Tolong yang
majalah Bobo, ceritanya makin banyak dan jangan tambah mahal. Salam
Titania.
Kalimat saran
dari surat pembaca tersebut adalah .............
|
|||
|
|
|
A.
|
Tolong,
ya majalah Bobo, ceritanya makin banyak dan jangan tambah mahal.
|
|
|
|
B.
|
Nah,
itu saja kesan-kesan dariku.
|
|
|
C.
|
Walaupun
sering membaca majalah Bobo, aku kadang tidak membeli majalah Bobo.
|
|
|
|
D.
|
Menurutku,
majalah Bobo adalah majalah yang paling baik.
|
Bacalah
pengumuman berikut ini!
Pengumuman
Diberitahukan kepada siswa kelas IV dan V SD Harapan
Bangsa tentang akan diadakannya Persami pada
Hari, tanggal :
Sabtu, 16 Maret 2012 sampai
Minggu, 17 Maret 2012;
Pukul : 08.00 s.d. selesai;
Tempat : halaman sekolah.
Semua peserta wajib datang tepat waktu dengan
mengenakan seragam pramuka lengkap dan membawa peralatan yang dibutuhkan.
Demikian pemberitahuan ini untuk dilaksanakan dengan
sungguh-sungguh.
Kepala Sekolah
Nurika Nur, S.Pd
|
8.
|
Isi
Pengumuman tersebut adalah .................
|
|||
|
|
|
A.
|
Seluruh
siswa SD Harapan Bangsa akan mengikuti Persami pada 16 Maret 2012 sampai 17
Maret 2012 di halaman sekolah pukul 08.00 sampai dengan selesai.
|
|
|
|
B.
|
Siswa
SD Harapan Bangsa kelas IV dan V akan mengadakan perlombaan pada 16 Maret
2012 sampai 17 Maret 2012 di halaman sekolah.
|
|
|
C.
|
SD
Harapan Bangsa akan mengadakan Persami pada 16 Maret 2012 sampai 17 Maret
2012 di lapangan kecamatan dengan peserta kelas IV dan V.
|
|
|
|
D.
|
SD
Harapan Bangsa akan mengadakan Persami pada 16 Maret 2012 sampai 17 Maret
2012.
|
Teks
drama berikut untuk nomor 9-11.
(Andi sedang makan siang di ruang makan
ditemani oleh Kakek Jaya, kakeknya. Tampak badan kakek Jaya lesu dan pucat).
Kakek Jaya : Setelah makan siang, kamu mau ke mana, Ardi?
Ardi : Tidak ke mana-mana, Kek. Memangnya ada apa, Kek ?
Kakek Jaya : Kakek boleh minta tolong ?
Ardi : Tentu, kek. Dengan senang hati, Ardi pasti
bantu Kakek.
Kakek Jaya : Terima kasih, cucuku. Kakek minya tolong,
belikan balsam dan obat sakit kepala di too seberang jalan itu. Ini kakek
buatkan catatan nama obat-obat itu.
(Ardi menerima catatan dari Kakek Jaya sambil mengernyitkan dahinya).
Ardi : Kakek sakit ? kalau begitu, biar Ardi antar
Kakek ke Puskesmas saja,. Ardi akan ajak Ari dan Didin mengantar Kakek ke
Puskesmas.
Kakek Jaya : Tidak usah, Ardi .................
(Belum selesai
Kakek berbicara, Ardi sudah berlari ke luar rumah memanggil teman-temannya
untuk membatu Kakek Jaya ke Puskesmas.
9.
|
Tokoh
utama drama tersebut adalah................
|
|||
|
|
|
A.
|
Ardi
|
|
|
|
B.
|
Kakek
Jaya
|
|
|
C.
|
Ari
|
|
|
|
D.
|
Didin
|
10.
|
Latar tempat drama tersebut adalah
.........
|
|||
|
|
|
A.
|
Ruang
tamu
|
|
|
|
B.
|
Ruang
tidur
|
|
|
C.
|
Ruang
makan
|
|
|
|
D.
|
Ruang
keluarga
|
11.
|
Amanat
yang terkandung dalam drama tersebut adalah .............
|
|||
|
|
|
A.
|
Kita
harus peduli dengan orang lain.
|
|
|
|
B.
|
Kita
harus membantu orang lain.
|
|
|
C.
|
Kita
harus hormat kepada orang tua.
|
|
|
|
D.
|
Kita
harus menghargai orang tua.
|
12.
|
(1)
Kita harus menaati peraturan lalu lintas. (2) Dengan menaati peraturan lalu
lintas, kita akan terhindar dari kecelakaan. (3) Lain halnya apabila kita
tidak menaati peraturan lalu lintas. (4) Selain terjadi kecelakaan, terjadi
pula kemacetan lalu lintas.
Kalimat
utama paragraf di atas adalah ....
|
|||
|
|
|
A.
|
(1)
|
|
|
|
B.
|
(2)
|
|
|
C.
|
(3)
|
|
|
|
D.
|
(4)
|
13.
|
Nina : Kak,nilai ulangan bahasa Indonesiaku
100,lho!
Kakak : Wah,selamat ya,dik! Kakak ikut senang
mendengarnya.
|
|||
|
|
Kesimpulan
teks percakapan diatas adalah . . . .
|
||
|
|
|
A.
|
Kekaguman
Nina terhadap nilai kakaknya
|
|
|
|
B.
|
Keheranan
kakak terhadap nilai ulangan Nina
|
|
|
C.
|
Kesenangan
kakak terhadap nilai ulangan Nina
|
|
|
|
D.
|
Kekecewaan
Nina terhadp nilai ulangannya
|
|
Bacalah
Paragraf dibawah ini untuk menjawab soal pada nomor 14-16!
Kecelakaan di jalan itu menewaskan dua korban dan
satu korban lainnya terluka parah.Sampai saat ini belum di ketahui pasti
penyebab kecelakaan itu.Berdasarkan informasi yang didapat dari saksi
mata,kecelakaan itu diakibatkan hilangnya keseimbangan kendaraan sehingga
menabrak pembatasa jalan.
|
|||
14.
|
Makna
dari belum diketahui pasti penyebab kecelakaan itu adalah . . . .
|
|||
|
|
|
A.
|
Tidak
ada saksi mata
|
|
|
|
B.
|
Informasi
penyebab kecelakaan belum lengkap
|
|
|
C.
|
Penyebab
kecelakaan tidak jelas
|
|
|
|
D.
|
Penyebab
kecelakaan masih diselidiki
|
15.
|
Arti
kata saksi mata pada paragraph di
atas adalah . . . .
|
|||
|
|
|
A.
|
Korban
bencana
|
|
|
|
B.
|
Tersangka
criminal
|
|
|
C.
|
Orang yang melihat suatu kejadian
|
|
|
|
D.
|
Orang
yang menjadi pembicaraan
|
16.
|
Antonim
kata parah pada paragraph di atas
adalah . . . .
|
|||
|
|
|
A.
|
Ringan
|
|
|
|
B.
|
Berat
|
|
|
C.
|
Cacat
|
|
|
|
D.
|
sulit
|
17.
|
Pendirian
Anggita selalu berubah.Jika hari ini dia bilang bahwa dia mau ikut
ekstrakulikulertari,esoknya dia bilang bahwa dia tidak jadi ikut
ektrakulikuler tari.
Hal
itu membuat teman-temannya tidak suka terhadapnya.
|
|||
|
|
Peribahasa
yang tepat untuk menggambarkan sifat Anggita adalah . . . .
|
||
|
|
|
A.
|
Tak ada gading yang tak retak
|
|
|
|
B.
|
Mati
semut karena manisan
|
|
|
C.
|
Pucuk
dicinta,ulam tiba
|
|
|
|
D.
|
Bagai
air di daun talas
|
18.
|
Perlakuan
Ibu kepada Mega sangat berbeda dengan perlakuan kepada anak-anak lainnya.
Mega
tidak pernah dimarahi jika mendapat nilai jelek,dia pun tidak dimarahi ketika
pulang kerumah sampai larut malam.Dia adalah anak yang diistimeakan.
|
|||
|
Ungkapan
yang tepat untuk ilustrasi diatas adalah . . . .
|
|||
|
|
|
A.
|
Anak
emas
|
|
|
|
B.
|
Anak
tiri
|
|
|
C.
|
Anak
buah
|
|
|
|
D.
|
Anak
angkat
|
19.
|
Jalan-jalan
ke kecamatan Gombong
Pulangnya
kembali ke Sleman
Jadi
anak jangan sombong
Nanti
akan dijauhi teman
|
|||
|
Pesan
yang terkanddung dalam pantun diatas adalah
. . . .
|
|||
|
|
|
A.
|
Anak
yang sombong akan pulang kembali ke Sleman
|
|
|
|
B.
|
Anak
yang sombong tidak boleh ke Sleman
|
|
|
|
C.
|
Anak
yang sombong akan dijauhi teman
|
|
|
|
D.
|
Anak
yang dijauhi teman akan sombong
|
20.
|
Teks
1
|
|||
|
|
Indonesia
adalah Negara yang kaya kebudayaannya.Salah satu hasil kebudayaan Indonesia
yang terkenal hingga ke mancanegara adalah batik.Sekarang,batik dapat
dijadikan sebagai salah satu ciri khas hasil kebudayaan Indonesia.
|
||
|
|
|
||
|
Teks
2
|
|||
|
|
Salah
satu hasil kebudayaan Indonesia yang terkenal adalah batik.Batik tidak hanya
terkenal di dalam negeri , tetapi juga di luar negeri.Banyak wisatawan yang
menyukai batik karena berbagai macam motif batik di kembangkan.Motif batik
umumnya merupakan ciri khas asal batik tersebut.
|
||
|
|
|
||
|
|
Persamaan
informasi yang dijelaskan pada dua
teks di atas adalah . . . .
|
||
|
|
|
A.
|
Jenis-jenis
batik di Indonesia
|
|
|
|
B.
|
Terkenalnya
batik hingga ke mancanegara
|
|
|
C.
|
Motif-motif
batik yang terkenal
|
|
|
|
D.
|
Batik
sebagai salah satu hasil kebudayaan Indonesia
|
Perhatikan Jadwal Kereta Api di bawah ini untuk soal nomor 21-22
Jadwal
Kereta Api dari Stasiun Tugu
No
|
Nama KA
|
Tujuan
|
Berangkat
|
Tiba
|
1.
2.
3.
4.
|
Fajar UT Yogya
Senja UT Yogya
Sancaka I
Sancaka II
|
Pasar Senen
Pasar Senen
SB Gubeng
SB Gubeng
|
08.00
18.30
07.00
15.00
|
16.45
03.32
11.56
20.02
|
21.
|
Pernyataan
yang sesuai dengan jadwal kereta api tersebut adalah ....
|
|||
|
|
|
A.
|
Kereta
Api Fajar UT Yogya tujuan Pasar Senen berangkat pukul 18.30.
|
|
|
|
B.
|
Kereta
api yang melayani tujuan SB Gubeng adalah Sancaka I dan Sancaka II.
|
|
|
C.
|
Sancaka
II tiba di SB Gubeng pada pukul 11.56.
|
|
|
|
D.
|
Fajar
UT Yogya melayani tujuan SB Gubeng.
|
22.
|
Kereta
api yang berangkat dari Stasiun Tugu paling akhir adalah Kereta Api ....
|
|||
|
|
|
A.
|
Fajar
UT Yogya.
|
|
|
|
B.
|
Senja
UT Yogya.
|
|
|
C.
|
Sancaka
I.
|
|
|
|
D.
|
Sancaka
II.
|
23.
|
Pahami
puisi berikut!
Siswa
Siswa adalah harapan orang tua
Generasi penerus bangsa
Pelita di dalam gelap gulita
Indah bak pelangi di angkasa
Berjuang demi masa
depan
Belajar menjadi
yang terdepan
Menuntut ilmu
setinggi langit
Tanpa terasa lelah
dan sakit
Isi
puisi tersebut adalah ....
|
|||
|
|
|
A.
|
Remaja
adalah harapan orang tua untuk masa depan bangsa.
|
|
|
|
B.
|
Remaja
adalah generasi penerus bangsa yang harus tekun belajar.
|
|
|
C.
|
Seorang
siswa harus menuntut ilmu untuk menyiapkan masa depan.
|
|
|
|
D.
|
Siswa
yang pantang menyerah menyiapkan masa depannya sendiri.
|
24.
|
Di sebuah desa tinggallah seorang nenek
dengan dua cucunya, yaitu Melati dan Mawar. Melati dan Mawar selalu pergi ke
sungai untuk mencuci pakaian. Namun, di sungai Melati tidak mengerjakan
apa-apa. Ia menyuruh Mawar mengerjakan semua pekerjaannya. Mawar selalu baik
kepada Melati. Akan tetapi, Melati tidak pernah membalasnya dengan kebaikan.
Melati justru tambah menyakiti Mawar.
Simpulan
yang tepat berdasarkan isi cerita anak di atas adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Mawar
dan Melati selalu membantu neneknya.
|
|
|
|
B.
|
Mawar
dan Melati patuh kepada nasehat neneknya
|
|
|
C.
|
Mawar
dan Melati memiliki sifat yang bertentangan
|
|
|
|
D.
|
Mawar
dan Melati selalu bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan
|
Laporan berikut untuk soal nomor 25 dan 26
Pada hari Sabtu, 19 Januari 2013, siswa-siswi
SD Suka Damai berkunjung ke kebun sayur Pak Soleh. Di mana kebun sayur itu memiliki
tanah yang subur dan luas. Walaupun tidak menggunakan pupuk buatan,
sayur-sayuran di kebun itu tumbuh subur karena lahannya termasuk tanah humus
dan terletak di lereng bukit.
25.
|
Isi
laporan tersebut adalah ....
|
|||
|
|
|
A.
|
Tanah
humus di lereng bukit amat subur
|
|
|
|
B.
|
Kebun
sayur Pak Soleh tidak menggunakan pupuk buatan
|
|
|
C.
|
Kunjungan
ke kebun sayur Pak Soleh
|
|
|
|
D.
|
Kebun
sayur itu sangat luas dan subur tanahnya
|
26.
|
Perbaikan
kalimat yang bercetak miring dalam laporan adalah ....
|
|||
|
|
|
A.
|
Di
mana kebun sayur itu memiliki tanah subur dan luas.
|
|
|
|
B.
|
Kebun
sayur itu memiliki tanah sangat subur dan luas.
|
|
|
C.
|
Tanah
kebun sayur itu subur dan luas.
|
|
|
|
D.
|
Kebun
sayur itu sangat luas dan subur.
|
27.
|
Sinta : “ Di mana rumah nenekmu, Wit?”
Wita : “ Rumah nenekku di desa.”
Sinta : “ Wah, senang dong, bisa bermain-main di
desa.”
Wita : “ Iya, di desa kita dapat melihat
pemandangan alam yang indah.”
Sinta : “ Memang, pemandangan alam di desa sangat
indah dan menyejukkan mata.”
Topik
yang dibahas dalam percakapan tersebut adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Keindahan
rumah nenek.
|
|
|
|
B.
|
Bermain-main
di desa
|
|
|
C.
|
Pemandangan
alam di desa.
|
|
|
|
D.
|
Udara
di desa yang sangat segar.
|
Paragraf ini di gunakan untuk soal nomor 28-30
Musim penghujan sudah berlangsung
satu bulan. Curah hujan pada musim penghujan kali ini benar-benar tinggi. Curah
hujan yang tinggi mengakibatkan banjir bandang, pohon tumbang dan beberapa
bangunan roboh. Bencana-bencana tersebut sangat meresahkan masyarakat.
Masyarakat harus waspada saat musim penghujan.
28.
|
Ringkasan
yang tepat paragraf di atas adalah ....
|
|||
|
|
|
A.
|
Curah
hujan yang tinggi mengakibatkan bencana banjir.
|
|
|
|
B.
|
Musim
penghujan mengakibatkan bencana tanah longsor.
|
|
|
C.
|
Curah
hujan yang tinggi mengakibatkan berbagai macam bencana.
|
|
|
|
D.
|
Berbagai
macam bencana terjadi melanda kehidupan penduduk.
|
29.
|
Tema
paragraf di atas adalah ....
|
|||
|
|
|
A.
|
Bencana
sering menghantui masyarakat.
|
|
|
|
B.
|
Bencana
banjir datang saat curah hujan tinggi.
|
|
|
C.
|
Banjir
selalumenyerang warga pada musim penghujan.
|
|
|
|
D.
|
Keadaan
masyarakat saat musim penghujan.
|
30.
|
Pesan
yang terkandung dalam paragraf di atas yaitu ....
|
|||
|
|
|
A.
|
Masyarakat
harus waspada saat musim penghujan.
|
|
|
|
B.
|
Masyarakat
harus mengungsi saat musim penghujan.
|
|
|
C.
|
Jangan
biarkan bencana mengganggu kita.
|
|
|
|
D.
|
Jangan
menyepelekan musim penghujan.
|
Puisi berikut digunakan untuk menjawab
soal nomor 31-32
Di
mana syukurku ?
Akiu
sering memelihara kesal dan marah
Padahal
dia memberiku kesejukan air
Aku
sering merasa hatiku menghitam
Padahal
dia memberiku terang matahari
Aku
sering merasa paling malang
Padahal
dia selalu mecukupiku
31.
|
Pernyataan
yang sesuai dengan isi puisi adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Aku
merasa sangat kesal dan marah karena ulah orang lain. Aku memang tidak pandai
bersyukur
|
|
|
|
B.
|
Aku
merasa selalu kekurangan. Padahal aku selalu berkecukupan dalam segala hal
|
|
|
C.
|
Aku
kurang bersyukur karena selalu merasa kesal dan marah, dan menganggap diriku
paling malang. Padahal dibalik itu semau, tuhan telah memberikan segalanya
serta mencukupi semua kebutuhan
|
|
|
|
D.
|
Tuhan
selalu mencukupi kebutuhan setiap aku meras kesal dan marah. Aku memang harus
bersyukur
|
32.
|
Makna
kata menghitam pada kutipan puisi tersebut adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Sedih
|
|
|
|
B.
|
Berwarna
hitam
|
|
|
C.
|
Gelap
|
|
|
|
D.
|
Menjadi
hitam
|
33.
|
1) Tekan tombol power untuk
menghidupkan CD player
2) Tekan tombol play untuk memutar CD
3) Pasang steker pada stopkontak
4) Tekan tombol eject untuk memasukan
CD
Urutan
yang tepat petunjuk menghidupkan CD Player yang tepat adalah ..
|
|||
|
|
|
A.
|
1-2-3-4
|
|
|
|
B.
|
1-3-4-2
|
|
|
C.
|
3-1-4-2
|
|
|
|
D.
|
4-2-3-1
|
34.
|
1)
Akhirnya, pada pukul 07.00 rombongan wisata
berangkat ke pulau bali
2)
Hari ini siswa kelas VI SD Bina
Pemuda mengadakan kunjungan ke pulau bali
3)
Sebelum berangkat, Pak guru
memanggil siswa satu per satu agar naik ke bus masing-masing
4)
Pukul 06.00 WIB seluruh siswa
kelas VI sudah berkumpul di sekolah
Kalimat di atas bila disusun menjadi paragraf yang
padu adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
1
– 2 – 3 – 4
|
|
|
|
B.
|
2 – 1 – 3 – 4
|
|
|
C.
|
2 – 3 – 4 – 1
|
|
|
|
D.
|
2 – 4 – 3 – 1
|
35.
|
Dian
tidak berangkat ke sekolah .
Dian sakit demam
Penggabungan kalimat di atas yang tepat adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Dian
tidak berangkat ke sekolah, karena sakit demam
|
|
|
|
B.
|
Dian
tidak berangkat sekolah, ketika dian sakit demam
|
|
|
C.
|
Dian
berangkat ke sekolah karena sakit demam.
|
|
|
|
D.
|
Dian
tidak berangkat sekolah, setelah sakit demam
|
36.
|
Hari
ini Pak Muklis tidak memberi pelajaran.......... beliau sedang sakit.
Kata gabung yang tepat untuk melengkapi kelimat
rumpang tersebut adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
karena
|
|
|
|
B.
|
tetapi
|
|
|
C.
|
atau
|
|
|
|
D.
|
dan
|
|
SD Pemuda
Jalan Ir.
Sutami 60, Lampung
No
: 12/SDP/III/2012
Hal
: Undangan
Yth Wali Murid Kelas VI SD Pemuda
Di tempat
Dengan hormat,
................
Hari, tanggal : Rabu, 14 Maret 2012
Tempat :
Aula SD Pemuda
Demikian surat undangan dari
kami. Atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat saya
,
Kepala SD
Pemuda
Drs. Budiman
|
|||
|
|
|||
37.
|
Kalimat
efektif yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah ...
|
|||
|
|
A.
|
Segera
datang untuk acara rapat yang akan kami selenggarakan pada ;
|
|
|
|
B.
|
Mohon
datang secepatnya pada ;
|
|
|
|
C.
|
Undangan
ini kami sampaikan kepada saudara secepatnya
|
|
|
|
D.
|
Kami
mengundang saudara untuk menghadiri rapat yang dilaksnakan pada :
|
38.
|
Aku
berharap kamu dalam keadaan sehat tak kurang satu pun. Riani, rencananya aku
dan keluarga ingin pergi kerumah nenek di Bengkulu. Maukah kamu menemaniku
jalan-jalan menikmati tempat-tempat indah di Bengkulu ( ...... ) aku harap
kamu mau karena aku sangat ingin berjalan-jalan di bengkulu.
Tanda
baca yang tepat untuk melangkapi surat tersebut adalah tanda ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Titik (.)
|
|
|
|
B.
|
Koma (,)
|
|
|
C.
|
Seru (!)
|
|
|
|
D.
|
Tanya (?)
|
39.
|
Perhatikan
pengumuman di bawah ini
Dalam rangka hari kartini, SD N laut
Timur akan mengadakan lomba memasak. ......... lomba di ikuti oleh siswa kelas IV sampai
dengan kelas VI
Kalimat berkata depan yang tepat untuk melengkapi
pengumuman tersebut adalah ...
|
|||
|
|
|
A.
|
Lomba
lukis dilaksanakan di SDN laut Timur
|
|
|
|
B.
|
Ikuti
lomba pidato di SDN laut Timur
|
|
|
C.
|
Lomba
di adakan pada tanggal 21 April 2011 pukul 08.00
|
|
|
|
D.
|
Siswa
yang berminat segera daftarkan diri pada panitia
|
40.
|
Perhatikan
dialog berikut!
Tumah :”Saya kasihan melihat pengemis itu.”
Zana :”Saya juga begitu. Sudah setua itu ia
masih mencari nafkah”
Tumah :”. . . “
Zana :”Bersyukurlah kita memiliki orang tua
yang sehat dan pekerja keras.”
Kalimat
yang tepat diucapkan Tumah adalah. . . .
|
|||
|
|
|
A.
|
Kasihan
nasib pengemis tua itu.
|
|
|
|
B.
|
Biarlah
dia menjalani hidupnya.
|
|
|
C.
|
Biarlah
dia meratapi hidupnya.
|
|
|
|
D.
|
Kasihan,
orang-orang tidak memedulikannya.
|
41.
|
Sinta Nuraini merupakan siswa kelas VI.Ia dilahirkan
di Bandung,6 Juni 2000. Ia beragama Islam dan tinggal di Jalan Merdeka No.34
Bandung.
Isian yang tepat untuk mengisi data nomor 2
adalah....
|
||||
|
|
|
A.
|
Jalan Merdeka
No. 34 Bandung
|
|
|
|
|
B.
|
Islam
|
|
|
|
C.
|
Bandung,6 Juni
2000
|
||
|
|
D.
|
Sinta Nuraini
|
42.
|
|
||||
|
|
|
A.
|
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas limpahan nikmat dan karuniaNya kita dapat
berkumpul di tempat ini dalam rangka reboisasi
|
|
|
|
|
B.
|
Saya mohon maaf apabila melakukan banyak kesalahan.
Saya menyadari masih banyak kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan ini
|
|
|
|
C.
|
Marilah kita berdoa bersama-sama agar acara ini
dapat berjalan dengan lancar
|
||
|
|
D.
|
Saya berharap seluruh hadirin selalu diberi kekuatan
dan lindungan Tuhan Yang Maha Esa
|
43.
|
Perbaikan
ejaan yang salah dalam kalimat bercetak miring adalah...
|
|||
|
|
|
A.
|
Reboisasi
menjadi upaya penting untuk tanggulangi permasalahan lingkungan di daerah
kita ini.
|
|
|
|
B.
|
Reboisasi
menjadi upaya penting untuk tertanggulangi permasalahan lingkungan di daerah
kita ini.
|
|
|
C.
|
Reboisasi
menjadi upaya penting untuk menanggulangi permasalahan lingkungan di daerah
kita ini
|
|
|
|
D.
|
Reboisasi
menjadi upaya penting untuk ditanggulangi permasalahan lingkungan di daerah
kita ini
|
44.
|
Perhatikan surat berikut ini!
Yth. Bapak/Ibu orang tua siswa SD Insan Mulia
di tempat
Dengan hormat,
Bersama dengan datangnya surat ini. kami bermaksud
mengundang kalian
Untuk menghadiri acara rapat pada :
hari,tanggal
: Selasa, 12 Desember 2011
tempat
: Aula
Kata yang bercetak miring pada surat tersebut kurang
tepat,seharusnya....
|
|||
|
|
|
A.
|
para bapak-bapak dan Ibu-ibu
|
|
|
|
B.
|
kamu
|
|
|
C.
|
anda
|
|
|
|
D.
|
Bapak/Ibu orang tua siswa
|
45.
|
Bacalah cuplikan laporan berikut!
Kegiatan kunjungan ke museum dirgantara diadakan
hari Kamis 4 Mei 2011. Kunjungan dilakukan oleh
siswa-siswi kelas V.
Para siswa berangkat dari sekolah pukul 07.00 dengan
mengendarai bus.
Perbaikan kalimat laporan yang dicetak miring
tersebut adalah....
|
|||
|
|
|
A.
|
Kegiatan kunjungan ke Museum Dirgantara diadakan
pada hari Kamis 4 Mei 2011
|
|
|
|
B.
|
Kegiatan kunjungan ke museum dirgantara diadakan
hari kamis 4 mei 2011
|
|
|
C.
|
Kegiatan kunjungan ke museum dirgantara diadakan
pada hari Kamis 4 Mei 2011
|
|
|
|
D.
|
Kegiatan kunjungan ke Museum Dirgantara diadakan
hari kamis 4 mei 2011
|
46.
|
Perhatikan laporan berikut!
Hujan yang terus-menerus turun selama seminggu
melanda ibukota, menyebabkan wilayah Kampung Melayu, Jakarta Timur kembali
terendam. Banjir setinggi satu setengah meter lebih telah membuat masyarakat
kembali mengungsi ke daerah yang lebih tinggi. Banyak sekali harta benda
masyarakat yang ... Oleh pemiliknya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan di atas
adalah....
|
|||
|
|
|
A.
|
Dijual ke orang lain
|
|
|
|
B.
|
Tidak sempat diselamatkan
|
|
|
C.
|
Terbawa air ke laut
|
|
|
|
D.
|
Dibagi-bagikan ke orang lain
|
47.
|
Bacalah pantun berikut!
Ke kebun memetik sirih
Badan digigit semut rangrang
.........................................
.........................................
Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut
adalah....
|
|||
|
|
|
A.
|
Hati siapa yang tak susah
Kalau nilai selalu turun
|
|
|
|
B.
|
Kalau kita iri hati
Tidak akan disuakai orang
|
|
|
C.
|
Kalau kita hidup besih
Lingkungan pun indah dipandang
|
|
|
|
D.
|
Jagalah kebersihan
Agar tidak kebanjiran
|
48.
|
Perhatikan gambar berikut!
Paragraf yang sesuai dengan gambar tersebut
adalah....
|
|||
|
|
|
A.
|
Siswa-siswi kelas VI mengunjungi perpustakaan untuk meminjam buku.
Sebelum meminjam buku, mereka menitipkan tasnya di loker. Kemudian
mereka memilih buku, Setelah itu mereka
pun membaca buku-buku yang dipinjam dengan semangat
|
|
|
|
B.
|
Siswa-siswi kelas VI melakukan pengamatan terhadap tanaman. Pengamatan
dilakukan di halaman sekolah. Hasil pengamatan ditulis dalam kertas dan akan
dibuat dalam laporan pengamatan kemudian dilaporkan kepada Ibu guru.
|
|
|
C.
|
Siswa-siswi VI membersihkan halaman. Mereka mengambil sampah yang
berserakan dari halaman sekolah. Sampah-sampah itu mereka kumpulkan dalam
tong sampah.
|
|
|
|
D.
|
Siswa-siswi VI membuat kerajinan tangan. Sebelum mereka mengerjakan,
Ibu guru menunjukkan contoh hasil kerajinan tersebut. Mereka memperhatikan
kemudian mengerjakannya dengan senang hati.
|
49.
|
Tahun ini, aku sudah duduk di kelas VI SD. Karena sudah
kelas VI, aku harus rajin belajar agar nilai-nilaiku lebih baik daripada
kelas V. Ibuku selalu mengingatkan bahwa tahun depan aku sudah masuk SMP....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi akhir paragraf
tersebut adalah....
|
|||
|
|
|
A.
|
Sebab, setelah lulus SD, tentunya aku melanjutkan
sekolah ke SMP
|
|
|
|
B.
|
SMP Negeri 1 adalah sekolah impian
|
|
|
C.
|
Jadi, jika aku ingin diterima di SMP favorit, aku
harus belajar yang rajin dan sungguh –sungguh
|
|
|
|
D.
|
Jika aku sudah SMP,
aku harus mengubah diriku
|
50.
|
Tak terasa, air mata mengalir di pipi Nuriana. Ia
menyaksikan hutan disekitar desanya, kini gundul dan gersang. Terbayang di
matanya hutan yang subur semasa dia masih kecil dulu. Dalam hati ia berkata,
“....”
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi bagian rumpang
paragraf tersebut adalah....
|
|||
|
|
|
A.
|
Ini semua akibat program penghijauan yang dilakukan
pemerintah
|
|
|
|
B.
|
Ini semua akibat ulah manusia yang merusak
lingkungan
|
|
|
C.
|
Ini semua akibat planet Bumi yang sudah sangat tua
|
|
|
|
D.
|
Ini semua akibat perpindahan penduduk dari desa ke
kota
|