PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL
TEKNIK TEAM QUIS
UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA KELAS 5
SD N CANDIREJO KEC.
MOJOTENGAH KAB. WONOSOBO
MAPEL IPS MATERI MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN
PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN
|
Proposal
ditulis untuk memenuhi tagihan KKG Bermutu 2011
Oleh :
Ngadiran,S.Pd
dkk
SD NEGERI
CANDIREJO
UPTD
DIKPORA KEC. MOJOTENGAH
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KAB.
WONOSOBO
2010
PENGESAHAN
1. Judul
|
Penggunaan Metode Struktural Teknik Team Quis untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Kelas 5 SDN Candirejo Kec.
Mojotengah Kab. Wonosobo pada Mapel IPS Materi Mendeskripsikan Perjuangan
Para Tokoh Pejuang pada Masa Penjajahan
|
|
2. Kategori Penelitian
|
Penelitian Tindakan Kelas
|
|
3. Peneliti
a. Nama
b. NIP
c. Pangkat/Golongan Ruang
d. Jabatan
e. Unit Kerja
|
Ngadiran,S.Pd
19671210 200212 1 006
Penata Muda / IIIa
Guru
SD Negeri Candirejo Kec. Mojotengah
|
|
4. Tim Penelitian
a. Pendamping
b. Ketua
c. Anggota
|
Bapak Dwiraharjo, S.Pd
Ngadiran,S.Pd
Sapto Laksono,S.Pd
Mursih,S.Pd
|
|
5. Waktu dan Tempat Penelitian
Waktu Penelitian :
a. Lama
b. Mulai
Tempat :
|
3 bulan
1 Januari
s/d Maret 2010
Kl V SD N Candirejo
|
|
|
||
Mengetahui
Kepala SD Negeri Candirejo
Ana Rokhyati,BA
NIP : 19641122 198304 2 002
|
Wonosobo, 14 Maret
2010
Peneliti
Ngadiran,S.Pd
NIP : 19671210
200212 1 006
|
|
Kepala UPTD Dikpora
Kecamatan Mojotengah
Eko
Sulistiyanto,MM
NIP : 19610313
198012 1004
|
||
SURAT KETERANGAN
Yang bertanda tangan di
bawah ini Kepala SDN Candirejo Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo,
menerangkan bahwa:
Nama : Ngadiran, S.Pd
NIP : 19671210 200212 1006
Tempat Tgl, lahir : Purworejo, 10-12- 1967
Jabatan : Guru Kelas
Unit Kerja : SD Negeri Candirejo
Telah melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bidang Studi IPS Pokok
Bahasan Mendeskripsikan
Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang Semster II tahun ajaran 2010 – 2011 di
SDN Candirejo Kecamatan Wmojotengah,
Kabupaten Wonosobo.
Adapun
pelaksanaannya siklus I pada tanggal 15 Pebruari 2011 dan siklus II tanggal 18
Pebruari 2011.
Demikian surat keterangan ini kami
buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
|
Candirejo, 14 Pebruari 2010
Kepala SDN Candirejo
Ana
Rokhyati,BA
NIP. 19641122 198304 2002
|
KATA PENGANTAR
Atas berkat limpahan rahmat, nikmat dan hidayah Allah
Yang Maha Kuasa, penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini sudah bisa
kami selesaikan. Laporan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul Penggunaan Metode Struktural Teknik
Team Quis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN Candirejo Kec. Mojotengah Kab. Wonosobo pada
Mapel IPS Materi Mendeskripsikan Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada
Masa Penjajahan ini disusun dalam rangka memenuhi tagihan KKG Bermutu Gugus
Kartini 2011.
Sehubungan
dengan telah terselesaikanya Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini,
perkenankanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang
setinggi-tingginya, kepada:
1.
Bapak Eko
Sulistiyanto,MM selaku Kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Mojotengah, atas
segala motivasinya kepada penulis untuk mengadakan penelitian ini.
2.
Bapak Dwi
Raharjo,S.Pd selaku pengawas TK/SD Kec. Mojotengah, atas perkenanya sudi
mengadakan pembimbingan kepada penulis.
3.
Ibu Ana
Rokhyati,BA beserta dua rekan sejawat, yang telah berkenan selalu bekerja sama
sebelum, selama dan sesudah penelitian.
4.
Semua pihak
yang secara langsung ataupun tidak langsung, yang telah memberikan segala macam
kontribusi kepada penulis, terutama para pemandu dan pengurus KKG Gugus Kartini
Kec. Mojotengah yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.
Penulis
menyadari sepenuhnya, bahwa Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini, masih sangat
jauh dari sempurna, namun demikian penulis berharap, semoga laporan penelitian
inivbermanfaat bagi para pembaca. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan
hati , penulis selalu mengharap adanya masukan kritik dan saran yang membangun,
demi lebih baiknya laporan Penelitian ini.
Wonosobo, 14 Maret 2011
Penulis
PERNYATAAN
Dengan ini saya
menyatakan bahwa Laporan Penelitian Tindakan benar – benar telah dilaksanakan
dan merupakan hasil karya
sendiri, bukan jiplakan
dari karya tulis lain, baik sebagian atau keseluruhan. Pendapat ataupun temuan
dari
orang lain yang terdapat dalam hasil penelitian ini dikutip berdasarkan
kode etik penulisan karya ilmiah.
Wonosobo, Maret 2011
Yang Membuat Pernyataan,
Ngadiran,S.Pd.
NIP 19671210
200212 1006
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ...........................................................................................
|
i
|
||||
PENGESAHAN ...................................................................................................
|
ii
|
||||
SURAT
KETERANGAN.....................................................................................
|
iii
|
||||
PERNYATAAN ..................................................................................................
|
iv
|
||||
KATA PENGANTAR
........................................................................................
|
v
|
||||
DAFTAR ISI ......................................................................................................
|
vi
|
||||
DAFTAR GAMBAR...........................................................................................
|
vii
|
||||
DAFTAR TABEL................................................................................................
|
viii
|
||||
ABTSRAK
.........................................................................................................
|
ix
|
||||
|
|
|
|||
BAB I PENDAHULUAN ...............................................................................
|
1 - 3
|
||||
|
A
|
Latar Belakang Masalah
.......................................................................
|
1
|
||
|
B
|
Identifikasi Masalah
............................................................................
|
1
|
||
|
C
|
Perumusan Masalah
.............................................................................
|
2
|
||
|
D
|
Pembatasan Masalah
............................................................................
|
3
|
||
|
E
|
Tujuan Penelitian
................................................................................
|
3
|
||
|
F
|
Manfaat Penelitian
..............................................................................
|
3
|
||
BAB II
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
.........................................
|
4 - 11
|
||||
|
A
|
Kajian Teori
.......................................................................................
|
4
|
||
|
B
|
Penelitian yang Relevan
......................................................................
|
10
|
||
|
C
|
Kerangka Berpikir
...............................................................................
|
11
|
||
|
D
|
Hipotesis Tindakan
..............................................................................
|
11
|
||
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
........................................................
|
12 -14
|
||||
|
A
|
Setting Penelitian..................... .............................................................
|
12
|
||
|
B
|
Subjek Penelitian
..................................................................................
|
12
|
||
|
C
|
Data dan Sumber Data ..........................................................................
|
12
|
||
|
D
|
Teknik Pengumpulan Data
...................................................................
|
13
|
||
|
E
|
Validitas Data
.......................................................................................
|
13
|
||
|
F
|
Teknik Analisis Data
............................................................................
|
13
|
||
|
G
|
Indikator Kinerja ....................................................................................
|
13
|
||
|
H
|
Prosedur
Penelitian..................................................................................
|
14
|
||
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN ............................................................
|
14 - 27
|
||||
|
A
|
Depkrisi Kondisi awal
.............................................................................
|
16
|
||
|
B
|
Depkripsi per Sikluas...............................................................................
|
16
|
||
|
C
|
Pembahasan..............................................................................................
|
24
|
||
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN
|
25
|
||||
|
A
|
KESIMPULAN........................................................................................
|
26
|
||
|
B
|
IMPLIKASI..............................................................................................
|
26
|
||
|
C
|
SARAN.....................................................................................................
|
26
|
||
DAFTAR PUSTAKA
............................................................................................
|
27
|
||||
Lampiran-lampiran....................................................................................
ABSTRAK
Ngadiran,S.Pd, guru Kelas V SD
Negeri Candirejo Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo, “Penggunaan Metode Struktural Teknik Team Quis Untuk Meningkatkan
Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas
5 SD N Candirejo Kec. Mojotengah Kab. Wonosobo pada Materi Pembelajaran IPS”
Kata kunci : Metode Struktural Teknik
Team Quis, Pembelajaran IPS, Hasil belajar
Berawal
dari proses belajar mengajar pelajaran IPS terutama Sejarah di Kelas 5 SD
Negeri Candirejo kami menemukan kondisi nyata
hasil belajar siswa pada materi pelajaran IPS sangat rendah. Terbukti
dari rendahnya nilai rata-rata kelas yang jauh di bawah KKM yaitu 64,33. Dari sejumlah 27
siswa baru 10 anak yang mencapai
ketuntasan penguasaan materi di atas 74
di mana nilai KKM yang tercantum dalam dokumen 2 KTSP SD Candirejo untuk
kelas V adalah 74.
Hal tersebut memotivasi minat
penulis untuk melakukan penelitian dengan melaksanakan sendiri beberapa
perubahan cara menyajikan materi pelajaran, dengan harapan dapat meningkatkan
Keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mempelajari sejarah bangsanya sendiri.
Perubahan pembelajaran penulis lakukan dalam hal ini Penggunaan Metode
Struktural Teknik Team Quis. Penyajian materi dengan menggunakan Metode
Struktural Tekhnik Team Quis terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran IPS khususnya sejarah.
Bukti penyajian materi dengan
menggunakan Metode Struktural Tekhnik Team Quis dapat meningkatkan keaktifan
dan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari hasil penelitian yang dilaksanakan
2 siklus. Hasil penelitian dibandingkan setiap siklusnya, dengan
indikator banyaknya siswa yang
berhasil mencapai nilai di atas
KKM.
Kesimpulan yang dapat diperoleh
adalah, bahwa mata pelajaran IPS, bila dikemas dengan menggunakan metode yang
tepat dalam hal ini, penggunaan Metode Struktural Tekhnik Team Quis ternyata dapat meningkatkan keaktifan dan
hasil belajar siswa. Hal ini bisa kita lihat dari hasil observasi selama
pelaksanaan pembelajaran serta hasil evaluasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran, dari kondisi awal
nilai rata-rata 64,33 menjadi 72,00 di
siklus I dan 79,00 pada siklus II.
Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar ini juga diimbangi dengan
kenaikan jumlah siswa tuntas belajar, Kondisi awal siwa tuntas 10 siswa, siklus
I naik menjadi 19 siswa dan Siklus II naik menjadi 24 siswa. Keaktifan siswa juga meningkat dari siklus
satu 51,9 % menjadi 59,5%. Keaktifan
100% tejdi saat kelompok belajar mempersiapkan mempelajari materi.